$type=slider$c=4$tbg=#008FFE$meta=0$rm=0$snippet=0$show=home

$show=home

Nulis Yuk


Dulu, saya ingin menulis untuk menginspirasi orang lain, agar bisa berkarya dan mendapatkan apresiasi. Tapi kini saya menyadari, jarak terdekat yang terdampak dari tulisan saya sebenernya adalah diri saya sendiri.

Dengan menulis, sadar atau tidak, perlahan saya belajar merubah diri sendiri. Belajar memperbaiki diri dari apa yang saya tulis; peristiwa, teman-teman, atau potret yang ada di sekitar.

Dengan menulis, saya juga belajar memberanikan diri bergabung dalam komunitas blogger yang sudah profesional di dunia kepenulisan dan blogging. Bayangkan, saya yang newbie imut-imut ini, ketemu para mastah blogger dan penulis yang bukunya sudah berjejer di Gramedia.

Gugup, gagap, tapi menyenangkan. Ada lega yang melapangkan dada, karena berhasil menaklukkan ketakutan sendiri. Seperti game meniup balon hingga meletus di sebuah sesi training. Semakin besar, semakin takut. Tapi setelah meletus, semua tetap baik-baik saja.

Juga dengan menulis, saat ingin menulis sesuatu yang tidak atau belum banyak tahu, saya jadi banyak belajar untuk mencari referensi. Mau tak mau harus mengalokasikan waktu untuk membaca, juga bertanya sana-sini. Jadi banyak belajar lagi.

Dan kini, dengan menulis, saya berjumpa dengan kelas NulisYuk Batch #4. Ini juga bagian dari cara saya meng-upgrade diri. Terus belajar, juga melawan perasaan kurang pede yang seringkali menjalar bahkan mengakar kuat dalam pikiran saya.

Sentuhan pertama yang dibuat kak @jeeluvina di kelas menulis ini sangat mengena. "Menulis Itu Mudah," judul materi pertama kak @jeeluvina. "Tulis saja apa yang kita rasakan. Tulis saja apa yang kita dengar. Tulis saja apa yang kita lihat. Tulis saja apa yang kita pikirkan. Tulis saja apa yang kita tahu," begitu paparnya singkat, tepat mengenai sasaran.

Saya jadi ingat buku "Fisika Itu Mudah" karangan maestro Fisika, Yohannes Surya. Judul buku yang sangat populer kala itu, karena mampu mendobrak trauma anak-anak SMA akan kerumitan pelajaran Fisika. Meski juga tak seketika langsung menjadi mudah, tapi mampu membuka sudut pandang baru, melihat sesuatu dari cara yang berbeda.

Akhirnya, mari menulis, teman :)

*Dibuat sebagai challange pekan 1 kelas NulisYuk Batch #4 yang diasuh Jee Luvina. Buku Diary Jiwa-nya kini sudah mengisi rapi rak-rak di Toko Gramedia

--
@nulisyuk
@jeeluvina
#nulisyuk
#nulisyukbatch4

COMMENTS

$show=mobile

Name

Aikido,1,Berita,6,Coretan,23,Inspirasi,15,Jalan-Jalan,3,Makan-Makan,2,Ngeblog-Nulis,5,SNMPTN 2018,1,Ulasan,8,
ltr
item
Arif Budiman: Nulis Yuk
Nulis Yuk
https://2.bp.blogspot.com/-IreIz22LXa0/WiVPjwuetSI/AAAAAAAAAWU/v0lAhINqXv0l72u0_gF2NSgeJUMnx6cNQCEwYBhgL/s640/22.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-IreIz22LXa0/WiVPjwuetSI/AAAAAAAAAWU/v0lAhINqXv0l72u0_gF2NSgeJUMnx6cNQCEwYBhgL/s72-c/22.jpg
Arif Budiman
http://www.arif-budiman.com/2017/12/nulis-yuk.html
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/2017/12/nulis-yuk.html
true
7722341717384285607
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy