$type=slider$c=4$tbg=#008FFE$meta=0$rm=0$snippet=0$show=home

$show=home

Tapis Blogger Gathering : Serunya Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi dan Ruang Berbagi

Pembukaan Tapis Blogger Gathering | Dokumentasi Pribadi

Minggu, 17 Desember 2017. Hari libur yang dinantikan karena akan ada acara keren dan full manfaat. Yaps. Tapis Blogger Gathering namanya. Acara ini diadakan oleh komunitas Tapis Blogger untuk para anggotanya dan juga terbuka untuk umum. “Menjadikan Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi, dan Ruang Berbagi,” begitulah tema yang diusung pada acara ini.

Acara yang diselenggarakan di Secret Garden Foodcourt, Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, diisi oleh tiga narasumber yang sangat mumpuni di bidangnya. Kalau istilah para bloger, mastah. Ada Naqiyyah Syam, Heni Puspita, yang keduanya merupakan founder Tapis Blogger. Dan pemateri ketiga adalah Agustinus Leandro, salah satu mastah blogger Lampung yang sudah menggeluti dunia blogging sejak tahun 2006.

Sejak pagi hari, Mbak Naqi, saya biasa memanggilnya seperti itu, sudah woro-woro ke para peserta untuk bersiap-siap untuk acara ini. Memberi reminder agar peserta tidak terlambat dan mempersiapkan acara dengan baik. Nah, saya termasuk nih yang punya kebiasaan telat. Makanya diingetin seperti ini sangat membantu buat saya.

Peserta Tapis Blogger Gathering | Dokumentasi Pribadi

Pukul 07.00 Wib saya sudah mulai bersiap termasuk kelengkaan alat yang perlu dibawa, seperangkat netbook plus kabel terminal untuk menyambung ke sumber arus listrik. Saya sampai menjelang waktu acara yang dijadwalkan, sekitar pukul 08.30 Wib. Beberapa panitia tampak sedang mempersiapkan ruangan dan peralatan di bagian depan. Sebagian peserta yang sudah hadir sudah memilih tempat duduk masing-masing.

Meski sempat terlambat beberapa saat karena kendala teknis, acara tetap hangat dan meriah dengan dibuka oleh Kak Yoga, penulis Novel Begal Cinta, yang sudah tak asing lagi. Cuap-cuap menyapa peserta dan membukanya dengan memberikan kesempatan kepada dua orang Tapis Blogger untuk menyampaikan testimoni, membuat acara ini menjadi terasa akrab dan tak berjarak.

Ummi Nenny, mengawali testimoni tentang Tapis Blogger. Ustadzah sekaligus penulis yang telah berhasil mendidik anak-anaknya menjadi penghafal Al-Quran ini menceritakan tentang perkenalannya dengan Tapis Blogger dan bagaimana memulai ngeblog. Selanjutnya, Wawan Setiawan, sosok muda nan enerjik, yang juga merangkap sebagai panitia, memberikan kesan-kesannya tentang Tapis Blogger.

Setahun lalu Wawan berinteraksi dengan Tapis Blogger, lalu mulai serius dengan dunia blogging, dan dalam dua bulan, situs yang dikelolanya sudah berhasil mendapatkan full approved dari Google Adsense. Selain itu, tak ketinggalan berbagai manfaat yang didapatkannya saat mengikuti berbagai aktifitas juga tawaran sponsorship melalui Tapis Blogger ini.

Dan akhirnya, kita memasuki acara inti, yang langsung menghadirkan tiga pemateri di atas, Mbak Naqi, Mbak Heni, dan Mas Lean. Masing-masing memaparkan penjelasan yang lugas dengan spesifikasi tema yang berbeda.

Mbak Naqi fokus dengan membangun blog sejak awal hingga menjadi blog produktif yang bisa menghasilkan uang, sedangkan Mbak Heni lebih banyak menjelaskan bagaimana membuat desain blog yang menarik untuk pemula. “Saya kagum dengan teman-teman saya yang sudah lebih dari sepuluh begitu telaten merawat blog-nya.” Ujar beliau saat menyampaikan materi.

Banana Foster Cake | Dokumentasi Pribadi

Dalam jeda materi, kita diberikan kesempatan untuk belajar mengambil foto sebuah produk. Ini juga penting bagi seorang blogger, karena foto bisa menjadikan sebuah artikel tersaji dengan lebih menarik. Foto pertama yang saya ambil adalah foto cake Banana Foster.

Hmm, nyummy rasanya. Bukan cuma di foto, tapi juga di lidah. Karena kita juga diberikan potongan cake ini untuk dinikmati sebagai cemilan sebelum makan siang.

Ell's Coffee | Dokumentasi Pribadi


Selanjutnya saya mengambil gambar produk El's Coffee yang merupakan produk dari pengusaha asli Lampung. Nah, buat para blogger, kopi juga jadi salah satu teman terbaik saat menuntaskan tulisan yang kadang mandeg di tengah jalan.

"Kopi. Teman terbaik saat sendiri atau bersama. Saat sedang berdialog dengan hati, atau ngobrol bareng teman-teman dengan penuh canda tawa," begitu kutipan yang saya upload di akun instagram. Hee.

Ryan Adam Maulana (Aktivis - Relawan Kemanusiaan Suriah) | Dokumentasi Pribadi

Oya, ada bintang tamu loh di acara ini. Kita kedatangan Ryan Adam Maulana, seorang aktivis dan relawan kemanusiaan Suriah. Kak Ryan berbagi tentang pengalamannya berada langsung di perbatasan Syiria (Suriah) dan Turki, untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan disana, khususnya anak-anak.

"Saya ingin membagi pengalaman saya, dan menyampaiakan bagaimana kondisinya di sana, khususnya bagaimana memberikan edukasi kepada anak-anak yang terdampak krisis kemanusiaan," begitu kata Kak Ryan. Kita jadi haru, karena dengan banyak kreativitasnya dalam melakukan penggalangan dana melalu akun media sosial, Kak Ryan bisa mengumpulkan donasi diatas 100 juta rupiah. Bukan angka sedikit kan.

Dan akhirnya, kita masuk ke pengujung acara Tapis Blogger Gathering ini. Langsung praktek dengan menulis di blog masing-masing. Acara ini bukan hanya seru, tapi juga penuh manfaat. Bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Membuat semangat untuk terus menulis dan serius mengurusi blog kembali menguat. Ahirnya, ayo terus belajar, terus menimba ilmu, terus berlatih. Jadikan ngeblog sebagai hobi, profesi dan ruang berbagi. :')

COMMENTS

BLOGGER: 10
Loading...

$show=mobile

Name

Aikido,1,Berita,6,Coretan,23,Inspirasi,15,Jalan-Jalan,3,Makan-Makan,2,Ngeblog-Nulis,5,SNMPTN 2018,1,Ulasan,8,
ltr
item
Arif Budiman: Tapis Blogger Gathering : Serunya Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi dan Ruang Berbagi
Tapis Blogger Gathering : Serunya Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi dan Ruang Berbagi
https://1.bp.blogspot.com/-UUtGr9dpv-4/WjYWycP7BfI/AAAAAAAAAXg/JxGxMMIOqEMdKo5kqyf-1srpYRMihjtdQCEwYBhgL/s640/22.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UUtGr9dpv-4/WjYWycP7BfI/AAAAAAAAAXg/JxGxMMIOqEMdKo5kqyf-1srpYRMihjtdQCEwYBhgL/s72-c/22.jpg
Arif Budiman
http://www.arif-budiman.com/2017/12/tapis-blogger-gathering-serunya-ngeblog.html
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/2017/12/tapis-blogger-gathering-serunya-ngeblog.html
true
7722341717384285607
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy