$type=slider$c=4$tbg=#008FFE$meta=0$rm=0$snippet=0$show=home

$show=home

10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018

10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018
Sumpah/Janji PNS Pemprov Lampung Periode April 2017
10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018 - Adakah yang bermimpi menjadi abdi negara, especially PNS pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota), berseragam kuning khaki di setiap apel mingguan atau mengenakan batik Korpri di hari-hari besar nasional? Jika iya, tips sukses lulus Tes CPNS 2018 ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman. Tapi jika tidak, mungkin bisa teman-teman bagi dan rekomendasikan kepada sahabat atau kerabat yang membutuhkan.

Sesuai dengan informasi yang berkembang di media, setelah mengadakan rekrutmen besar-besaran untuk kebutuhan PNS kementerian di tahun 2017, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menyatakan pemerintah akan kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018, khususnya untuk kebutuhan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota.

Tentunya ini menjadi kabar baik bagi masyarakat yang ingin berkiprah mengabdikan diri pada negara untuk bisa mengikuti seleksi Tes CPNS tahun 2018 ini. Sebagai informasi awal, Tes CPNS 2018 kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018, sedangkan proses pendaftarannya dimulai pada bulan Februari 2018 (kepastiannya menunggu keputusan dari pemerintah).

Nah, buat teman-teman yang sudah pernah mengikuti tes ini, tapi masih gagal, bisa mulai bersiap-siap lagi untuk menyongsong pelaksaan Tes CPNS 2018 yang diperkirakan akan merekrut hingga 250 ribu PNS seluruh Indonesia, dengan rincian 38 ribu untuk pemerintah pusat dan selebihnya untuk pemerintah daerah. Dan untuk yang pertama kali mencoba, jangan takut, masih banyak waktu kok untuk menggali informasi dan mempersiapkan diri dengan baik. 

Untuk menggapai sukses pada Tes CPNS 2018 yang tak lama lagi akan hadir, teman-teman silakan simak 10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018. Tips-tips ini merupakan rangkuman tips dari beberapa teman yang telah lulus seleksi Tes CPNS, termasuk seorang teman yang mendapatkan nilai tertinggi pada saat Tes Seleksi CPNS untuk pemerintah provinsi tempat kami bekerja.

Tips sukses ini juga lebih khusus untuk formasi Tes CPNS di daerah (povinsi/kabupaten) yang hanya menggunakan satu kali tes, yaitu Tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) secara online. Sedikit berbeda dengan Tes CPNS untuk kementerian yang terdapat tahan TKB (Tes Keampuan Bidang). Jadi, untuk yang mengambil formasi di kementerian, tips-nya berlaku untuk Tes TKD dengan sistem CAT online ya. Yuk, mari simak bersama Tips Lulus Tes CPNS 2018 berikut ini:

Pertama, pahami tipikal soal tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) pada seleksi CPNS ini. Soal tes TKD akan dibagi dalam tiga bagian, yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi), TIU (Tes Intelegensia Umum), dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Kita harus memahami tipikal masing-masing soal ini agar tidak salah dalam mempersiapkan diri.

TKP berisi soal psikotes kepribadian, TIU lebih kepada soal matematika dasar, penalaran, logika dan bahasa (antonim, sinonim, silogisme, wacana). Sedangkan TWK berisi materi terkai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kedua, ingat bahwa dalam Tes CPNS ini ada passing grade. Jika mengacu pada peraturan terakhir, PERMEN PAN-RB Nomor 22 Tahun 2017, yang juga dipakai pada Tes CPNS 2017, maka nilai ambang batas yang digunakan adalah 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.

So, kita mulai bisa mengukur kemampuan kita di masing-masing bagian tersebut. Namanya passing grade, semua harus dilewati. Jika gugur salah satunya, maka dipastikan kita tidak akan lolos dalam seleksi Tes CPNS ini. Ada pengalaman sedih seorang teman, hanya karena kurang sedikit saja di salah satu bagian Tes TKD ini, akhirnya gugur. Padahal nilai lainnya terhitung cukup tinggi.

Ketiga, latihan soal dengan baik. Jika waktu tes masih jauh, maka cara terbaik untuk sukses dalam Tes CPNS ini adalah dengan latihan rutin setiap hari. Targetkan jumlah soal yang akan dikerjakan dan dibahas. Terus diulang di setiap waktu yang sudah kita alokasikan dengan khusus.

Tak terasa, soal-soal akan terasa lebih mudah dan semakin cepat dikerjakan. Apabila sudah terasa demikian, tingkatkan kualitas latihan soal dengan tipe-tipe yang berbeda. Misalnya, dengan mengerjakan soal-soal Tes STAN, SBMPTN, atau sejenisnya. Ditambah lagi, lakukan simulasi real sistem CAT dengan software yang bisa kita temukan melaui internet atau di buku-buku Tes CPNS yang banyak dijual di pasaran lengkap dengan CD Simulasi CAT-nya.

Keempat, menyesuaikan gaya belajar. Ini adalah salah satu strategi sukses yang dapat diterapkan oleh masing-masing kita. Kenali gaya belajar kita, lalu sesuaikan dengan pola latihan, juga dengan waktu yang tersedia. Setiap orang tentu tak sama dalam detail secara teknis, meski yang umum bisa kita ambil sebagai referensi.

Termasuk menilai kelemahan kita dari tiga bagian soal Tes TKD tersebut ada dimana. Dari sana, kita bisa memetakan prioritas latihan yang harus kita perdalam. Kita bisa memperbanyak latihan soal dari buku, sumber internet, simulasi software CAT, juga aplikasi Android yang sekarang sudah banyak tersedia di Play Store.
Sumpah/Janji PNS Pemprov Lampung Periode Desember 2017
Kelima, tips sukses selanjutnya adalah RESIGN dari tempat bekerja a.k.a. NGANGGUR. Serem banget ya tips yang ini. Tapi ini memang terjadi dengan salah satu teman saya. Alasannya sederhana, dengan begitu, dia tidak punya pilihan kecuali mendorong semua kemampuannya untuk berhasil. “DO or DIE!” paparnya.

Tapi jika teman-teman tidak mau se-ektrem ini, bisa kok dengan tetap masih bekerja. Tingga nanti meminta izin pada atasan saat Tes CPNS berlangsung. Tentunya bagi yang diperbolehkan ya. Jika tidak, ya silakan dipilih. Tes dalam kondisi masih bekerja juga punya kelebihan sendiri untuk sebagian orang. Perasaan kita jadi lebih tenang. Ibarat mengejar sesuatu, tetapi kita masih punya pegangan terhadap sesuatu yang lain. 


Keenam, ini adalah langkah sukses menjelang hari-H pelaksanaan Tes CPNS. Perlu diingat, kita tidak boleh hanya fokus pada persiapan terkait soal dan materi tes saja. Hal-hal nonteknis lainnya juga harus diperhatikan dengan baik. Termasuk persiapan menjelang tes dan saat hari-H.

Siapkan kartu identitas diri (KTP) satu hari sebelum tes. Pastikan identitasi diri ada dalam dompet kita. Selanjutnya, cek lokasi tes. Agar tidak bingung keesokan harinya. Selain itu, kamu juga bisa melihat hasil tes gelombang sebelumnya. Tujuannya untuk membuat pemetaan skor dari peserta yang lain. Jika melihat skor yang tinggi, jadikan penyemangat untuk bisa lebih baik.

Ketujuh, rileks dan nyamankan diri mendekati hari tes. Jadi, khususnya pada H-1 menjelang Tes CPNS ini, jangan lagi begadang dan memforsir energi serta pikiran kita. Lakukan saja hal-hal yang bisa membuat tenang dan nyaman. Having fun kalau istilah teman saya. Yakin dengan usaha yang telah kita lakukan dalam mempersiapkan diri, bahwa kita bisa bertempur dengan baik saat tes esok hari.

Mengapa justru harus rileks? Hal ini agar kita tidak tertekan secara psikologis atau mengalami stress. Kondisi psikis yang tidak baik tentu  akan mempengaruhi kondisi kita saat tes berlangsung. Oleh karenanya, persiapkan diri kita jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan Tes CPNS. Tinggalkan pola SKS (Sistem Kebut Semalam) ya.

Kedelapan, awali pagi di hari tes dengan sarapan. Apalagi untuk yang terbiasa sarapan, jangan sampai dilewatkan. Kecuali bagi teman-teman yang memang tidak terbiasa untuk sarapan, boleh-boleh saja. Atau jika tesnya sore, juga jangan lupa untuk makan siang.

Karena pada saat tes ini tentu kita membutuhkan banyak energi. Jadi asupannya pun harus diimbangi. Termasuk istirahat yang cukup dan teratur menjelang hari tes. Ditambah dengan olah raga ringan agar badan kita bugar dan pikiran menjadi segar.

Kesembilan, pada saat mengerjakan soal tes, mulailah dengan berdoa. Meminta kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan kelancaran. Lalu, kerjakan dari yang paling kita kuasai terlebih dahulu. Inilah salah satu keunggulan dari sistem CAT online, dimana kita bisa memilih soal mana yang akan kita kerjakan.

Manfaat dari hal ini adalah, kita bisa memulai dengan soal-soal yang terasa mudah. Sehingga, muncul optimisme pada saat mengerjakan soal di bagian selanjutnya. Karena poin dari masing-masing soal sama, maka kita tidak boleh mengabaikan soal yang tidak kita kuasai. Kerjakan semua tipe soal dengan merata.

Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dan gunakan sisa waktu yang ada untuk mengerjakan tipe soal yang kita anggap sulit tadi. Saya pribadi waktu itu memilih mengerjakan soal non hitungan terlebih dahulu, karena berpikir soal hitungan memerlukan waktu lebih lama, sedang bobot atau poin soal adalah sama.

Kesepuluh, setelah Tes CPNS dilakukan, tugas terakhir kita adalah berdoa dan berserah diri kepada Tuhan. Sekeras apapun usaha kita, ada ruang yang terkadang tidak bisa kita masuki tanpa seizin-Nya. Maka, kerjakanlah bagian kita dengan sebaik-baiknya, dan sisanya kita serahkan kepada Allah Swt untuk menyempurnakannya.

Tak lupa, mintalah doa kepada para sahabat, keluarga, terutama orang tua. Saya sendiri sangat meyakini, bahwa kelulusan saya pada Tes CPNS dua setengah tahun yang lalu, lebih utama pada peran doa, khususnya doa kedua orang tua, tak hanya usaha manusiawi saya semata.

Alhamdulillah, semoga dengan 10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018, teman-teman sekalian dapat bergabung dalam barisan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) untuk bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini. 

COMMENTS

BLOGGER: 19
Loading...

$show=mobile

Name

Aikido,1,Berita,6,Coretan,23,Inspirasi,15,Jalan-Jalan,3,Makan-Makan,2,Ngeblog-Nulis,5,SNMPTN 2018,1,Ulasan,8,
ltr
item
Arif Budiman: 10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018
10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018
10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018, Kiat Sukses Lulus Tes CPNS 2018, Rahasia Sukses Lulus Tes CPNS 2018, Langkah Sukses Lulus Tes CPNS 2018
https://2.bp.blogspot.com/-CZXV6Z9W14k/WlZM8ivHZgI/AAAAAAAAAao/rLGqIQnRW00j9ya9UK8iHBGGD3-F51f-gCLcBGAs/s640/Tips%2BLulus%2BTes%2BCPNS%2B2018.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-CZXV6Z9W14k/WlZM8ivHZgI/AAAAAAAAAao/rLGqIQnRW00j9ya9UK8iHBGGD3-F51f-gCLcBGAs/s72-c/Tips%2BLulus%2BTes%2BCPNS%2B2018.jpeg
Arif Budiman
http://www.arif-budiman.com/2018/01/10-tips-sukses-lulus-tes-cpns-2018.html
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/2018/01/10-tips-sukses-lulus-tes-cpns-2018.html
true
7722341717384285607
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy