$type=slider$c=4$tbg=#008FFE$meta=0$rm=0$snippet=0$show=home

$show=home

Apa Itu Aikido? Kenalan Yuk!

Apa itu Aikido

Apa Itu Aikido - Bela diri adalah seni tersendiri yang telah lama ada dan berkembang dari masa ke masa. Karena pada dasarnya, secara alami, manusia tentu memiliki insting untuk selalu melindungi diri dan hidupnya.

Kini, bela diri tetaplah menjadi bagian penting bagi perlindungan diri seseorang. Meski di sebagain kalangan, bela diri bermetamorfosis menjadi lifestyle untuk menjaga kondisi fisik selalu prima, juga menjadi bagian dari aktifitas olahraga profesional bagi para atlet.

Tentunya akan sangat banyak pilihan bagi kita untuk menekuni salah satu jenis bela diri yang kian digemari kalangan milenial. Nah, salah satunya adalah Aikido.

Apa Itu Aikido?
Aikido adalah seni bela diri yang mempunyai akar pertumbuhan dan budaya dari Jepang. Aikido merupakan manifestasi dari modernisasi pemikiran Jepang dengan selimut budaya tradisionalnya. 

Seni bela diri Aikido ini dikembangkan oleh Morihei Ueshiba (dikenal sebagai O Sensei) sekitar tahun 1800-an. Akar ilmu bela diri Aikido terutama berasal dari sebuah tradisi bela diri kuno yang turun temuru, yang hanya dimiliki oleh sebuah keluarga istana, yaitu "Daito Ryu Aiki-Jujutsu (atau ju-jutsu)"

Aikido di Indonesia
Sejarah perkembangan bela diri Aikido di Indonesia telah mulai berkembang sejak sekitar tahun 1970, bersamaan dengan kembalinya para putra Indonesia yang lulus sarjana dari Jepang yang disekolahkan pemerintah sebagai akibat pampasan perang Jepang.

Perkembangan Aikido dan bela diri lainnya dari Jepang sebenarnya tumbuh dalam kurun waktu yang kurang lebih sama. Tetapi seni bela diri Kempo, Karate, Jujitsu dan Judo menjadi lebih dahulu populer dibandingkan Aikido pada masa itu.

Dan pada kenyataannya seni bela diri Aikido baru mulai tumbuh sejak tahun 1990 di Indonesia.

Prinsip Teknik dalam Aikido
Setiap seni bela diri Jepang memiliki karakteristik teknik dan teoritisnya masing-masing. Aikido menekankan harmonisasi dan keselarasan antara energi  ki individu dengan ki alam semesta.

“Aikido” sendiri berasal dari 3 huruf kanji, yaitu :
- ai ~bergabung, menyatukan, menyelaraskan-
ki ~jiwa, energi kehidupan-
~alan, cara

Sebagian besar karakteristik Aikido adalah negasi. Seni bela diri ini juga menekankan pada prinsip kelembutan dan bagaimana untuk mengasihi serta membimbing lawan.

Prinsip ini diterapkan pada gerakan-gerakannya yang tidak menangkis serangan lawan atau melawan kekuatan dengan kekuatan tetapi "mengarahkan" serangan lawan untuk kemudian menaklukkan lawan tanpa ada niat untuk mencederai lawan.

Berbeda dengan bela diri pada umumnya yang lebih mengutamakan pada latihan kekuatan fisik dan stamina, Aikido lebih mendasarkan latihannya pada penguasaan diri dan kesempurnaan teknik. Teknik-teknik yang digunakan dalam Aikido kebanyakan berupa teknik elakan, kuncian, lemparan, dan bantingan.

Uniknya Teknik Aikido
Keunikan teknik Aikido adalah geraknya yang hampir tidak pernah mundur dalam mengatasi berbagai jenis serangan. Gerakannya cenderung melingkar dibandingkan lurus-lurus. 

Hakikat dari teknik dalam Aikido adalah sebuah lingkaran yang sempurna, tidak terputus ataupun terpatahkan. Gambaran esensi teknik Aikido seperti sebuah pusaran yang berbentuk spiral, dimulai dari sebuah lingkaran yang sangat besar dan kemudian mengecil, mengecil, mengecil, sehingga menjadi sebuah titik. 

Di dalam konsep gerak inilah kita akan banyak memahami secara nyata falsafah Aikido dalam artian sebenarnya.

Nah, sudah mulai mengenal kan apa itu Aikido? Jika tertarik, tentu bisa mendalami seni bela diri ini dengan mendatangi dojo (tempat latihan) Aikido terdekat. Tentunya badan bisa sehat, fisik prima juga bermanfaat untuk melindungi diri kita. 

Kontributor: M. Syatriadi

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...

$show=mobile

Name

Aikido,1,Berita,6,Coretan,23,Inspirasi,15,Jalan-Jalan,3,Makan-Makan,2,Ngeblog-Nulis,5,SNMPTN 2018,1,Ulasan,8,
ltr
item
Arif Budiman: Apa Itu Aikido? Kenalan Yuk!
Apa Itu Aikido? Kenalan Yuk!
Apa Itu Aikido? Kenalan Yuk!
https://1.bp.blogspot.com/-wqgkfx_iMQ4/WmNpD69iKgI/AAAAAAAAAdg/1Bl9PRzyKNoLgzhvauh624wcyVY6OEXKQCLcBGAs/s640/AIKIDO%2B-%2BSATRIA.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wqgkfx_iMQ4/WmNpD69iKgI/AAAAAAAAAdg/1Bl9PRzyKNoLgzhvauh624wcyVY6OEXKQCLcBGAs/s72-c/AIKIDO%2B-%2BSATRIA.jpg
Arif Budiman
http://www.arif-budiman.com/2018/01/apa-itu-aikido-kenalan-yuk.html
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/
http://www.arif-budiman.com/2018/01/apa-itu-aikido-kenalan-yuk.html
true
7722341717384285607
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy