Skip to main content

Hafara, Bukan Bimbel Biasa (7 Alasan Kamu Pilih Bimbel Hafara)

Brosur Bimbel Hafara | Dokumentasi Pribadi

Bimbingan Belajar Sebagai Sarana Pendidikan Non Formal
Bimbingan Belajar atau biasa disingkat dengan Bimbel adalah bagian dari pendidikan nonformal  sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2013  Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Non Formal.

Sesuai dengan aturan ini, maka pendidikan nonformal dapat diartikan sebagai jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. 

Pada dasarnya, bimbel menjawab kebutuhan orang tua dan siswa akan tingginya tuntutan dunia pendidikan. Khususnya pada kebutuhan kelulusan Ujian Nasional, juga kelulusan pada seleksi penerimaan mahasiswa baru saat akan memasuki jenjang pendidikan perkuliahan. Meski secara umum, bimbel juga diharapkan dapat membantu siswa untuk menambah pemahaman dari materi yang belum tuntas di sekolah.

Gak Bimbel Gak Keren
Era sekarang, yang ditunjang dengan begitu canggihnya kemajuan teknologi, sebenarnya banyak sumber informasi yang dapat dengan sangat mudah didapat, termasuk informasi pendidikan. Artinya, siswa manapun memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dari sumber-sumber selain di sekolah melalui dunia teknologi.

Tapi pada kenyataannya, banyak siswa yang memilih bimbel sebagai sebuah cara mudah untuk menunjang keberhasilannya dalam dunia akademik. Bahkan dari pengalaman selama aktif sebagai pengelola sebuah bimbel, seorang siswa seringkali menjadikan bimbel sebagai bagian dari gaya hidup moderennya. Istilahnya, gak keren kalau gak bimbel.

Model siswa yang seperti ini biasanya memilih bimbel lebih kepada karena banyak teman-temannya yang sudah terlebih dahulu mengikuti sebuah bimbel. "Malu dong kalau si doi gak ikutan juga", begitu kira-kira gambarannya.

Tentu hal ini bisa menjadi bumerang tersendiri baik bagi siswa ataupun juga orang tua jika orientasi untuk mendapatkan pembelajaran tambahan bergeser pada "hanya sekadar" ikut bimbel saja atau "Teman-teman gue pada bimbel, ya gue juga harus dong".

Disinilah peran tentor atau pengajar di sebuah bimbel sangat diperlukan untuk mengembalikan pada orientasi yang benar.

Lokasi Bimbel Hafara Cabang WM | Dokumentasi Pribadi

Hafara, Bimbel Lokal Cita Rasa Nasional
Bimbel Hafara, adalah salah satu lembaga bimbingan belajar yang ada di kota ini. Berbeda dengan sebagian besar bimbingan belajar yang merupakan cabang dari bimbel berskala nasional, Hafara asli lahir di Kota Bandarlampung.

Hafara pada awalnya juga merupakan franchise dari sebuah bimbel berskala nasional, namun dengan pengalaman bertahun lamanya, akhirnya lahirlah Hafara sebagai sebuah bimbel yang mandiri.  Sebuah bimbel lokal dengan cita rasa nasional. Asli dari kota ini, tapi memenuhi kualifikasi dengan segudang pengalaman mengelola bimbel berskala nasional.

Hafara berdiri pada 19 Mei 2013, yang kala itu langsung memiliki 1 kantor pusat, 3 cabang di Bandarlampung, dan 1 cabang di Kota Metro. Hafara sendiri berasal dari rangkaian kalimat Hadza min Fadhli Rabbi yang terdapat dalam QS. Surat An-Naml ayat 40, yang menjadi ruh lembaga ini. Lalu dikembangkalah dalam konsep Humanist, Fun and Religious Academy sebagai landasan opersional lembaga.

Dan sekarang, Hafara telah meluaskan wilayah kerjanya dengan mendirikan cabang di Pringsewu sebagai cabang keempatnya. Hingga saat ini, ribuan siswa telah terbantukan untuk menggapai cita-citanya. Baik saat akan memasuki sekolah (SD/SMP) unggulan, atau khususnya mereka yang ingin masuk perguruan tinggi favorit.

Tentor dan Karyawan Bimbel Hafara | Dokumentasi Hafara

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pilih Hafara
Nah, ini buat adek-adek siswa, ataupun juga orang tua, mengapa kita harus pilih Hafara sebagai tempat Bimbel favorit :

Pertama, Pelayanan Eksekutif.
Salah satu ciri yang selalu dipertahankan di Bimbel Hafara adalah jumlah siswa yang tidak berlebihan dalam satu kelas. Hal ini telah menjadi komitmen Hafara sejak awal. Dimana dalam satu kelas maksimal akan diisi oleh 18 orang siswa. Tentunya ini akan sangat mendukung proses KBM sehingga siswa dapat menerima dan memahami materi dengan baik.

Kedua, Jam Belajar Lebih Banyak.
Well, ini bagian yang disukai siswa nih. Selain belajar di dalam kelas, Hafara juga menyediakan jam konsultasi dan jam tambahan untuk siswa. Ada tentor piket di masing-masing cabang dengan berbagai macam bidang studinya yang siap membantu siswa yang ingin konsultasi materi tertentu. Atau juga yang ingin meminta jam tambahan, yang biasanya dibutuhkan pada saat momen-momen ujian di sekolah.

Ketiga, Kurikulum Sesuai Sekolah.
Permasalahan kurikulum seringkali menjadi kendala tersendiri buat siswa. Karena adanya perbedaan kurikulum ini (KTSP dan K13) terkadang siswa mendapatkan materi yang berbeda di sekolah. Akibatnya, pada saat di bimbel, siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda tidak bisa belajar bersama. Di Hafara, kamu tidak perlu khawatir. Karena di sini, sudah dipisahkan antara siswa yang menggunakan KTSP dengan siswa yang memakai K13. Jadi bisa nyaman sekali belajaranya.

Keempat, Modul, Soal Try Out dan Latihan Soal Ter-update.
Hafara punya bank soal tersendiri, lengkap dari jenjang SD-SMA, ditambah untuk persiapan masuk perguruan tinggi. Kumpulan-kumpulan soal ini selalu di-update oleh Tentor Hafara setiap tahunnya sehingga siswa tidak perlu takut materi yang diajarkan ketinggalan zaman atau gak update. Kids zaman now tentunya ingin selalu yang ter-update kan..:)

Kelima, Dibimbing Tentor Lulusan PTN S1 dan S2.
Ini kelebihan lain yang dimiliki Hafara. Tentor di Hafara adalah tentor yang telah berpengalaman bertahun-tahun untuk membantu siswa menggapai mimpinya masuk sekolah/universitas favorit. Ramah, dekat dengan siswa, konsep belajar yang fun, menjadi tambahan apik yang menunjang kualitas tentor di sini.

Juga dengan syarat berasal dari PTN, tentor Hafara memiki kualifikasi mumpuni untuk melakukan proses pengajaran. Spesialnya lagi, semakin banyak tentor di Hafara yang lulusan S2 dari universitas terkemuka seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), bahkan ada lulusan S2 dari luar negeri lho. Keren kan!

Keenam, Bimbel Intensif SBMPTN Lebih Awal.
Untuk siswa kelas 12 SMA yang akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Hafara menyediakan program khusus belajar intensif dengan lebih awal. Tentunya, kamu bisa lebih matang dalam mempersiapkan SBMPTN tersebut. Tentu dong, hasilnya akan semakin baik nantinya. Jadi jangan ragu untuk bimbel di Hafara melalui program ini.

Ketujuh, Bimbel Intensif STAN plus TKD.
Spesial untuk adek-adek SMA yang ingin masuk Politeknik Keuangan Negaran Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), Hafara juga menyajikan sajian spesial berupa Bimbel Intensif STAN yang sudah dilengkapi dengan TKD (Tes Kemampuan Dasar) yang kini merupakan bagian penting dari tes masuk tempat kuliah yang favorit ini. Sudah banyak sekali siswa Hafara yang kini menjadi mahasiswa STAN atau bahkan sudah lulus dari STAN ini.

Menarik sekali tentunya buat adik-adik siswa dari jenjang SD - SMA, ataupun orang tua yang sedang mencari bimbingan belajar untuk anaknya. Hafara adalah pilihan tepat dengan begitu banyak kelebihan yang dimiliki. Ditambah lagi, biaya bimbel di Hafara juga terjangkau plus berbagai diskon menarik yang bisa didapatkan. So, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung dengan Bimbel Hafara. :)


Note :
Tulisan ini adalah tugas dari Kelas Ngeblog Seru 3A bersama Naqiyyah Syam

Comments

Popular posts from this blog

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Tentunya akan ada yang berbeda pada Idul Fitri 2020 ini. Tahun ini menjadi tahun yang ditahbiskan penuh dengan perenungan: kehilangan, keikhlasan, kesabaran, dan juga menyisipkan pesan semangat untuk bangkit. Pandemi covid-19 yang mulanya hanya dianggap sebelah mata oleh banyak kalangan, kini menjadi bencana yang telah merengut ratusan ribu jiwa, termasuk di Indonesia.

Kasus corona yang pertama kali diumumkan di awal bulan Maret, kini sudah mencapai lebih dari 20.000 pasien positif dan tak kurang dari 1000 nyawa telah direnggut, termasuk diantaranya para petugas medis. Bencana yang tak kalah menyedihkan adalah mulai hilangnya kepercayaan antar elemen bangsa ini. Tagar #IndonesiaTerserah yang trending beberapa waktu terakhir ini menjadi salah satu pertandanya.

Betapa tidak, di saat sebagian masyarakat menahan diri berbulan lamanya untuk #StayAtHome, shalat Jumat dan Tarawih di rumah, tiba-tiba muncul berbagai gambar d…

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa
Nama Malang kini kian ngehits. Bukan hanya sebagai tujuan liburan, tapi banyak juga yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di salah satu kota di Jawa Timur. Nggak heran jika kini jadwal pesawat ke Malang terus bertambah. Peningkatan jumlah penerbangan juga membuka kesempatan besar perang harga, yang membuat tiket ke Malang menjadi lebih murah. Apapun tujuanmu, kurang pas rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh khas kota Malang yang punya banyak macam!
Malang Strudel Termasuk pioner oleh-oleh artis kekinian, camilan berbahan utama pastry ini dimiliki oleh Teuku Wisnu. Kue berlapis yang berasal dari Austria ini dimodifikasi sedemikia rupa sehingga citarasanya cocok untuk lidah orang Indonesia. Bukan hanya isian apel saja, kini kamu bisa memilih varian lainnya seperti pisang, nanas, cokelat, hingga stroberi. Kemasannya yang praktis dan modern pun nggak akan menyulitkanmu membawa strudel
Baca Juga: Menul…

Generasi Zaman Now, Ini Pesan Ketua MPR RI di Acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung"

Hai kids zaman now and zaman old! Apa sih yang biasa kamu lakukan di Minggu malam setiap pekannya? Pasti jawabannya beda-beda. Mungkin ada yang nonton tivi sambil istirahat setelah lelah seharian jalan-jalan, mungkin ada yang ngerjain PR yang belum selesai karena keasyikan nyantai saat week end, atau lagi main game Mobile Legend yang lagi ngetren itu? Hee.
Nah, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, Minggu malam kemarin (19/11/2017) adalah hari yang spesial untuk netizen Lampung. Apa pasal? Karena hari itu ada acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung" bertempat di Swiss-Belhotel pada pukul 18.00 - 21.00 WIB. Ada pesan penting loh yang disampaikan Bapak Ketua MPR RI kita buat generasi zaman now. Simak yuks ceritanya.
Acara ini didahului dengan registrasi peserta, yang digawangi mbak Novi yang unyu. "Ayo taro sini amplopnya, serasa kondangan deh..," ujarnya lucu menyambut kami. Setelah selesai registrasi, memilih tempat duduk yang di-setting round table, k…