Skip to main content

Tapis Blogger Gathering : Serunya Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi dan Ruang Berbagi

Pembukaan Tapis Blogger Gathering | Dokumentasi Pribadi

Minggu, 17 Desember 2017. Hari libur yang dinantikan karena akan ada acara keren dan full manfaat. Yaps. Tapis Blogger Gathering namanya. Acara ini diadakan oleh komunitas Tapis Blogger untuk para anggotanya dan juga terbuka untuk umum. “Menjadikan Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi, dan Ruang Berbagi,” begitulah tema yang diusung pada acara ini.

Acara yang diselenggarakan di Secret Garden Foodcourt, Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, diisi oleh tiga narasumber yang sangat mumpuni di bidangnya. Kalau istilah para bloger, mastah. Ada Naqiyyah Syam, Heni Puspita, yang keduanya merupakan founder Tapis Blogger. Dan pemateri ketiga adalah Agustinus Leandro, salah satu mastah blogger Lampung yang sudah menggeluti dunia blogging sejak tahun 2006.

Sejak pagi hari, Mbak Naqi, saya biasa memanggilnya seperti itu, sudah woro-woro ke para peserta untuk bersiap-siap untuk acara ini. Memberi reminder agar peserta tidak terlambat dan mempersiapkan acara dengan baik. Nah, saya termasuk nih yang punya kebiasaan telat. Makanya diingetin seperti ini sangat membantu buat saya.

Peserta Tapis Blogger Gathering | Dokumentasi Pribadi

Pukul 07.00 Wib saya sudah mulai bersiap termasuk kelengkaan alat yang perlu dibawa, seperangkat netbook plus kabel terminal untuk menyambung ke sumber arus listrik. Saya sampai menjelang waktu acara yang dijadwalkan, sekitar pukul 08.30 Wib. Beberapa panitia tampak sedang mempersiapkan ruangan dan peralatan di bagian depan. Sebagian peserta yang sudah hadir sudah memilih tempat duduk masing-masing.

Meski sempat terlambat beberapa saat karena kendala teknis, acara tetap hangat dan meriah dengan dibuka oleh Kak Yoga, penulis Novel Begal Cinta, yang sudah tak asing lagi. Cuap-cuap menyapa peserta dan membukanya dengan memberikan kesempatan kepada dua orang Tapis Blogger untuk menyampaikan testimoni, membuat acara ini menjadi terasa akrab dan tak berjarak.

Ummi Nenny, mengawali testimoni tentang Tapis Blogger. Ustadzah sekaligus penulis yang telah berhasil mendidik anak-anaknya menjadi penghafal Al-Quran ini menceritakan tentang perkenalannya dengan Tapis Blogger dan bagaimana memulai ngeblog. Selanjutnya, Wawan Setiawan, sosok muda nan enerjik, yang juga merangkap sebagai panitia, memberikan kesan-kesannya tentang Tapis Blogger.

Setahun lalu Wawan berinteraksi dengan Tapis Blogger, lalu mulai serius dengan dunia blogging, dan dalam dua bulan, situs yang dikelolanya sudah berhasil mendapatkan full approved dari Google Adsense. Selain itu, tak ketinggalan berbagai manfaat yang didapatkannya saat mengikuti berbagai aktifitas juga tawaran sponsorship melalui Tapis Blogger ini.

Dan akhirnya, kita memasuki acara inti, yang langsung menghadirkan tiga pemateri di atas, Mbak Naqi, Mbak Heni, dan Mas Lean. Masing-masing memaparkan penjelasan yang lugas dengan spesifikasi tema yang berbeda.

Mbak Naqi fokus dengan membangun blog sejak awal hingga menjadi blog produktif yang bisa menghasilkan uang, sedangkan Mbak Heni lebih banyak menjelaskan bagaimana membuat desain blog yang menarik untuk pemula. “Saya kagum dengan teman-teman saya yang sudah lebih dari sepuluh begitu telaten merawat blog-nya.” Ujar beliau saat menyampaikan materi.

Banana Foster Cake | Dokumentasi Pribadi

Dalam jeda materi, kita diberikan kesempatan untuk belajar mengambil foto sebuah produk. Ini juga penting bagi seorang blogger, karena foto bisa menjadikan sebuah artikel tersaji dengan lebih menarik. Foto pertama yang saya ambil adalah foto cake Banana Foster.

Hmm, nyummy rasanya. Bukan cuma di foto, tapi juga di lidah. Karena kita juga diberikan potongan cake ini untuk dinikmati sebagai cemilan sebelum makan siang.

Ell's Coffee | Dokumentasi Pribadi


Selanjutnya saya mengambil gambar produk El's Coffee yang merupakan produk dari pengusaha asli Lampung. Nah, buat para blogger, kopi juga jadi salah satu teman terbaik saat menuntaskan tulisan yang kadang mandeg di tengah jalan.

"Kopi. Teman terbaik saat sendiri atau bersama. Saat sedang berdialog dengan hati, atau ngobrol bareng teman-teman dengan penuh canda tawa," begitu kutipan yang saya upload di akun instagram. Hee.

Ryan Adam Maulana (Aktivis - Relawan Kemanusiaan Suriah) | Dokumentasi Pribadi

Oya, ada bintang tamu loh di acara ini. Kita kedatangan Ryan Adam Maulana, seorang aktivis dan relawan kemanusiaan Suriah. Kak Ryan berbagi tentang pengalamannya berada langsung di perbatasan Syiria (Suriah) dan Turki, untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan disana, khususnya anak-anak.

"Saya ingin membagi pengalaman saya, dan menyampaiakan bagaimana kondisinya di sana, khususnya bagaimana memberikan edukasi kepada anak-anak yang terdampak krisis kemanusiaan," begitu kata Kak Ryan. Kita jadi haru, karena dengan banyak kreativitasnya dalam melakukan penggalangan dana melalu akun media sosial, Kak Ryan bisa mengumpulkan donasi diatas 100 juta rupiah. Bukan angka sedikit kan.

Dan akhirnya, kita masuk ke pengujung acara Tapis Blogger Gathering ini. Langsung praktek dengan menulis di blog masing-masing. Acara ini bukan hanya seru, tapi juga penuh manfaat. Bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Membuat semangat untuk terus menulis dan serius mengurusi blog kembali menguat. Ahirnya, ayo terus belajar, terus menimba ilmu, terus berlatih. Jadikan ngeblog sebagai hobi, profesi dan ruang berbagi. :')

Comments

  1. aku suka kalo mampir di blognya bang Arif, tulisannya pasti rapi dan terstruktur. Ulasannya lengkap dan enak dibaca. :)

    Bener banget kata bang Arif, hari minggu yang full manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee. Makasih banyak mbak Lustika. Ini masih harus banyak belajar. Eh, mbak Lustika ini yang kemaren dapet hadiah juga kan pas lomba foto? Salam kenal. Belum pernah ketemu secara langsung ya. Cuma di dalam satu acara aja.

      Delete
  2. Mantafff ulasannya mas, ini nih menulisnya mengalir bagai air, blog juga eye catching, bisa lah nanti di Halaman 1 dan duduki nomer 1, ditambah diacara bisa menang ya mantab sekali pokoknya.. tinggal rajin update artikel aja dan cocoknya mas arif ini ngikutin jejak mak-mak tapis blogger cocok jadi blogger review...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh. Pagi2 liat grup Tapis Blogger. Trus ngecek blog. Eh, ada komen dari mastah. Rasanya tuuu WAAWW..hee. Seneng banget. Makasih banyak Mas Lean. Moga bisa banyak belajar dari Mas Lean. And niru jejaknya jadi blogger andal. Aamiin.

      Delete
  3. Replies
    1. Selama kamu baik-baik saja, blogmu juga baik-baik saja :D

      Delete
  4. jadi semangat nge-blog nih baca ulasannya bang arif :)

    ReplyDelete
  5. Keeecceeeeeeh.... 👏👏👏👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak kakak waka yang ketceehhh..:')

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Idul Fitri di Masa Pandemi Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020 Tentunya akan ada yang berbeda pada Idul Fitri 2020 ini. Tahun ini menjadi tahun yang ditahbiskan penuh dengan perenungan: kehilangan, keikhlasan, kesabaran, dan juga menyisipkan pesan semangat untuk bangkit. Pandemi covid-19 yang mulanya hanya dianggap sebelah mata oleh banyak kalangan, kini menjadi bencana yang telah merengut ratusan ribu jiwa, termasuk di Indonesia. Kasus corona yang pertama kali diumumkan di awal bulan Maret, kini sudah mencapai lebih dari 20.000 pasien positif dan tak kurang dari 1000 nyawa telah direnggut, termasuk diantaranya para petugas medis. Bencana yang tak kalah menyedihkan adalah mulai hilangnya kepercayaan antar elemen bangsa ini. Tagar #IndonesiaTerserah yang trending beberapa waktu terakhir ini menjadi salah satu pertandanya. Betapa tidak, di saat sebagian masyarakat menahan diri berbulan lamanya untuk #StayAtHome, shalat Jumat dan Tarawih di ruma

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa Nama Malang kini kian ngehits. Bukan hanya sebagai tujuan liburan, tapi banyak juga yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di salah satu kota di Jawa Timur. Nggak heran jika kini jadwal pesawat ke Malang terus bertambah. Peningkatan jumlah penerbangan juga membuka kesempatan besar perang harga, yang membuat tiket ke Malang menjadi lebih murah. Apapun tujuanmu, kurang pas rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh khas kota Malang yang punya banyak macam! Malang Strudel sumber: myjavastrudel Termasuk pioner oleh-oleh artis kekinian, camilan berbahan utama pastry ini dimiliki oleh Teuku Wisnu. Kue berlapis yang berasal dari Austria ini dimodifikasi sedemikia rupa sehingga citarasanya cocok untuk lidah orang Indonesia. Bukan hanya isian apel saja, kini kamu bisa memilih varian lainnya seperti pisang, nanas, cokelat, hingga stroberi. Kemasannya yang praktis dan modern pun nggak akan menyu

Generasi Zaman Now, Ini Pesan Ketua MPR RI di Acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung"

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan | Dokumentasi @henipuspita29 Hai kids zaman now and zaman old! Apa sih yang biasa kamu lakukan di Minggu malam setiap pekannya? Pasti jawabannya beda-beda. Mungkin ada yang nonton tivi sambil istirahat setelah lelah seharian jalan-jalan, mungkin ada yang ngerjain PR yang belum selesai karena keasyikan nyantai saat week end , atau lagi main game Mobile Legend yang lagi ngetren itu? Hee. Nah, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, Minggu malam kemarin (19/11/2017) adalah hari yang spesial untuk netizen Lampung. Apa pasal? Karena hari itu ada acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung" bertempat di Swiss-Belhotel pada pukul 18.00 - 21.00 WIB. Ada pesan penting loh yang disampaikan Bapak Ketua MPR RI kita buat generasi zaman now . Simak yuks ceritanya. Acara ini didahului dengan registrasi peserta, yang digawangi mbak Novi yang unyu. "Ayo taro sini amplopnya, serasa kondangan deh..," ujarnya lucu menyambut kami.