Skip to main content

10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018

10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018
Sumpah/Janji PNS Pemprov Lampung Periode April 2017
10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018 - Adakah yang bermimpi menjadi abdi negara, especially PNS pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota), berseragam kuning khaki di setiap apel mingguan atau mengenakan batik Korpri di hari-hari besar nasional? Jika iya, tips sukses lulus Tes CPNS 2018 ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman. Tapi jika tidak, mungkin bisa teman-teman bagi dan rekomendasikan kepada sahabat atau kerabat yang membutuhkan.

Sesuai dengan informasi yang berkembang di media, setelah mengadakan rekrutmen besar-besaran untuk kebutuhan PNS kementerian di tahun 2017, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menyatakan pemerintah akan kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018, khususnya untuk kebutuhan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota.

Tentunya ini menjadi kabar baik bagi masyarakat yang ingin berkiprah mengabdikan diri pada negara untuk bisa mengikuti seleksi Tes CPNS tahun 2018 ini. Sebagai informasi awal, Tes CPNS 2018 kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018, sedangkan proses pendaftarannya dimulai pada bulan Februari 2018 (kepastiannya menunggu keputusan dari pemerintah).

Nah, buat teman-teman yang sudah pernah mengikuti tes ini, tapi masih gagal, bisa mulai bersiap-siap lagi untuk menyongsong pelaksaan Tes CPNS 2018 yang diperkirakan akan merekrut hingga 250 ribu PNS seluruh Indonesia, dengan rincian 38 ribu untuk pemerintah pusat dan selebihnya untuk pemerintah daerah. Dan untuk yang pertama kali mencoba, jangan takut, masih banyak waktu kok untuk menggali informasi dan mempersiapkan diri dengan baik. 

Untuk menggapai sukses pada Tes CPNS 2018 yang tak lama lagi akan hadir, teman-teman silakan simak 10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018. Tips-tips ini merupakan rangkuman tips dari beberapa teman yang telah lulus seleksi Tes CPNS, termasuk seorang teman yang mendapatkan nilai tertinggi pada saat Tes Seleksi CPNS untuk pemerintah provinsi tempat kami bekerja.

Tips sukses ini juga lebih khusus untuk formasi Tes CPNS di daerah (povinsi/kabupaten) yang hanya menggunakan satu kali tes, yaitu Tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) secara online. Sedikit berbeda dengan Tes CPNS untuk kementerian yang terdapat tahan TKB (Tes Keampuan Bidang). Jadi, untuk yang mengambil formasi di kementerian, tips-nya berlaku untuk Tes TKD dengan sistem CAT online ya. Yuk, mari simak bersama Tips Lulus Tes CPNS 2018 berikut ini:

Pertama, pahami tipikal soal tes TKD (Tes Kemampuan Dasar) pada seleksi CPNS ini. Soal tes TKD akan dibagi dalam tiga bagian, yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi), TIU (Tes Intelegensia Umum), dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Kita harus memahami tipikal masing-masing soal ini agar tidak salah dalam mempersiapkan diri.

TKP berisi soal psikotes kepribadian, TIU lebih kepada soal matematika dasar, penalaran, logika dan bahasa (antonim, sinonim, silogisme, wacana). Sedangkan TWK berisi materi terkai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kedua, ingat bahwa dalam Tes CPNS ini ada passing grade. Jika mengacu pada peraturan terakhir, PERMEN PAN-RB Nomor 22 Tahun 2017, yang juga dipakai pada Tes CPNS 2017, maka nilai ambang batas yang digunakan adalah 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.

So, kita mulai bisa mengukur kemampuan kita di masing-masing bagian tersebut. Namanya passing grade, semua harus dilewati. Jika gugur salah satunya, maka dipastikan kita tidak akan lolos dalam seleksi Tes CPNS ini. Ada pengalaman sedih seorang teman, hanya karena kurang sedikit saja di salah satu bagian Tes TKD ini, akhirnya gugur. Padahal nilai lainnya terhitung cukup tinggi.

Ketiga, latihan soal dengan baik. Jika waktu tes masih jauh, maka cara terbaik untuk sukses dalam Tes CPNS ini adalah dengan latihan rutin setiap hari. Targetkan jumlah soal yang akan dikerjakan dan dibahas. Terus diulang di setiap waktu yang sudah kita alokasikan dengan khusus.

Tak terasa, soal-soal akan terasa lebih mudah dan semakin cepat dikerjakan. Apabila sudah terasa demikian, tingkatkan kualitas latihan soal dengan tipe-tipe yang berbeda. Misalnya, dengan mengerjakan soal-soal Tes STAN, SBMPTN, atau sejenisnya. Ditambah lagi, lakukan simulasi real sistem CAT dengan software yang bisa kita temukan melaui internet atau di buku-buku Tes CPNS yang banyak dijual di pasaran lengkap dengan CD Simulasi CAT-nya.

Keempat, menyesuaikan gaya belajar. Ini adalah salah satu strategi sukses yang dapat diterapkan oleh masing-masing kita. Kenali gaya belajar kita, lalu sesuaikan dengan pola latihan, juga dengan waktu yang tersedia. Setiap orang tentu tak sama dalam detail secara teknis, meski yang umum bisa kita ambil sebagai referensi.

Termasuk menilai kelemahan kita dari tiga bagian soal Tes TKD tersebut ada dimana. Dari sana, kita bisa memetakan prioritas latihan yang harus kita perdalam. Kita bisa memperbanyak latihan soal dari buku, sumber internet, simulasi software CAT, juga aplikasi Android yang sekarang sudah banyak tersedia di Play Store.
Sumpah/Janji PNS Pemprov Lampung Periode Desember 2017
Kelima, tips sukses selanjutnya adalah RESIGN dari tempat bekerja a.k.a. NGANGGUR. Serem banget ya tips yang ini. Tapi ini memang terjadi dengan salah satu teman saya. Alasannya sederhana, dengan begitu, dia tidak punya pilihan kecuali mendorong semua kemampuannya untuk berhasil. “DO or DIE!” paparnya.

Tapi jika teman-teman tidak mau se-ektrem ini, bisa kok dengan tetap masih bekerja. Tingga nanti meminta izin pada atasan saat Tes CPNS berlangsung. Tentunya bagi yang diperbolehkan ya. Jika tidak, ya silakan dipilih. Tes dalam kondisi masih bekerja juga punya kelebihan sendiri untuk sebagian orang. Perasaan kita jadi lebih tenang. Ibarat mengejar sesuatu, tetapi kita masih punya pegangan terhadap sesuatu yang lain. 


Keenam, ini adalah langkah sukses menjelang hari-H pelaksanaan Tes CPNS. Perlu diingat, kita tidak boleh hanya fokus pada persiapan terkait soal dan materi tes saja. Hal-hal nonteknis lainnya juga harus diperhatikan dengan baik. Termasuk persiapan menjelang tes dan saat hari-H.

Siapkan kartu identitas diri (KTP) satu hari sebelum tes. Pastikan identitasi diri ada dalam dompet kita. Selanjutnya, cek lokasi tes. Agar tidak bingung keesokan harinya. Selain itu, kamu juga bisa melihat hasil tes gelombang sebelumnya. Tujuannya untuk membuat pemetaan skor dari peserta yang lain. Jika melihat skor yang tinggi, jadikan penyemangat untuk bisa lebih baik.

Ketujuh, rileks dan nyamankan diri mendekati hari tes. Jadi, khususnya pada H-1 menjelang Tes CPNS ini, jangan lagi begadang dan memforsir energi serta pikiran kita. Lakukan saja hal-hal yang bisa membuat tenang dan nyaman. Having fun kalau istilah teman saya. Yakin dengan usaha yang telah kita lakukan dalam mempersiapkan diri, bahwa kita bisa bertempur dengan baik saat tes esok hari.

Mengapa justru harus rileks? Hal ini agar kita tidak tertekan secara psikologis atau mengalami stress. Kondisi psikis yang tidak baik tentu  akan mempengaruhi kondisi kita saat tes berlangsung. Oleh karenanya, persiapkan diri kita jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan Tes CPNS. Tinggalkan pola SKS (Sistem Kebut Semalam) ya.

Kedelapan, awali pagi di hari tes dengan sarapan. Apalagi untuk yang terbiasa sarapan, jangan sampai dilewatkan. Kecuali bagi teman-teman yang memang tidak terbiasa untuk sarapan, boleh-boleh saja. Atau jika tesnya sore, juga jangan lupa untuk makan siang.

Karena pada saat tes ini tentu kita membutuhkan banyak energi. Jadi asupannya pun harus diimbangi. Termasuk istirahat yang cukup dan teratur menjelang hari tes. Ditambah dengan olah raga ringan agar badan kita bugar dan pikiran menjadi segar.

Kesembilan, pada saat mengerjakan soal tes, mulailah dengan berdoa. Meminta kepada Tuhan agar diberi kemudahan dan kelancaran. Lalu, kerjakan dari yang paling kita kuasai terlebih dahulu. Inilah salah satu keunggulan dari sistem CAT online, dimana kita bisa memilih soal mana yang akan kita kerjakan.

Manfaat dari hal ini adalah, kita bisa memulai dengan soal-soal yang terasa mudah. Sehingga, muncul optimisme pada saat mengerjakan soal di bagian selanjutnya. Karena poin dari masing-masing soal sama, maka kita tidak boleh mengabaikan soal yang tidak kita kuasai. Kerjakan semua tipe soal dengan merata.

Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dan gunakan sisa waktu yang ada untuk mengerjakan tipe soal yang kita anggap sulit tadi. Saya pribadi waktu itu memilih mengerjakan soal non hitungan terlebih dahulu, karena berpikir soal hitungan memerlukan waktu lebih lama, sedang bobot atau poin soal adalah sama.

Kesepuluh, setelah Tes CPNS dilakukan, tugas terakhir kita adalah berdoa dan berserah diri kepada Tuhan. Sekeras apapun usaha kita, ada ruang yang terkadang tidak bisa kita masuki tanpa seizin-Nya. Maka, kerjakanlah bagian kita dengan sebaik-baiknya, dan sisanya kita serahkan kepada Allah Swt untuk menyempurnakannya.

Tak lupa, mintalah doa kepada para sahabat, keluarga, terutama orang tua. Saya sendiri sangat meyakini, bahwa kelulusan saya pada Tes CPNS dua setengah tahun yang lalu, lebih utama pada peran doa, khususnya doa kedua orang tua, tak hanya usaha manusiawi saya semata.

Alhamdulillah, semoga dengan 10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS 2018, teman-teman sekalian dapat bergabung dalam barisan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) untuk bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini. 

Comments

  1. Jaman saya dulu ga pake cat mas. Jadi ga bisa langsung dilihat hasilnya secara langsung. Harap harap cemasnya lebih panjang. Tipsnya bermanfaat untuk kawan kawan yg ingin berkarir di aparatur sipil negara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee. Iya mas Mumuth. Salah satu yang buat saya akhirnya daftar tes CPNS karena ada sistem CAT. Dan ini diakui sangat mengurangi kecurangan yang selama ini marak mas. Alhamdulillah, sebagian besar temen-temen di angkatan saya diakui kemampuannya di masing-masing instansi. Makasoh ya mas Mumuth dah berkunjung..:)

      Delete
  2. Dari dulu belum kesampaian ikut CPNS, ada aja godaannya, mungkin memang bukan jalannya. Terima Kasih tips nya mas Arif,sangat membantu. Ijin share ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang Erman, bener banget itu. Masing-masing kita akhirnya berada di jalan yang sudah dipilihkan Allah. Saya dulu malah gak kepikit kang buat daftar. Tapi karena permintaan orang tua, dan beberapa faktor lain, akhirnya mencoba juga. Alhamdilillah tes pertama langsung masuk kang. Dan membuka banyak hal baik yang lain juga setelah disana. Monggo kang Erman, dengan senang hati kalau mau di-share..

      Delete
  3. Minta tips nya dunk kak..biar sukses naklukin soal twk. Itu amat menyeramkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, dulu sama juga dag dig dug pas berhadapan ama soal TWK. Tapi Alhamdulillah bisa dilewati dengan baik, bahkan nilainya juga jauh diatas perkiraan. Tips nya sih yang utama banyak doa. Hee. Coba buka tulsian saya "Dibalik 410" disitu ada cerita panjang saya di 2014. Salah satunya tips TWK. Coba mulai menyukai baca berita politik dan hukum. Disitu kita secara gak langsung belajar juga. Intinya TWK kan di Empat Pilar MPR RI ya (dulu Empat Pilar Kebangsaan). Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Penjabarannya banyak kok di internet. Saya pernah kayaknya dikirim file .pdf juga terkait Empat Pilar itu.

      Delete
  4. Nanti tak cobalah, makasih unfonya mas, lengkap, semoga bisa diterapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Yoga. Bisa di-share juga ke tetangga atau saudara juga kak Yo hee..

      Delete
  5. Menjadi PNS sekarang itu jadi cita2 banyak orang karena benefitnya yg oke,beda dengan jaman dulu musti di paksa utk mau jadi PNS😁 tips seperti pasti jadi tulisan yg di cari,bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee..iya Bunda, ini kolaborasi ama temen-temen satu angkatan, siapa tahu bermanfaat buat yang lain. Makasih Bunda..

      Delete
  6. Aku berepa kali tes PNS belum rezeki di sana ya xixixi bahkan nyoba pas hamil gede ikutan tes, jauuuh pula. Emang belum persiapan banget xixiix... seru keluargaku juga banyak PNS dan selamat ya sudah lulus PNS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhooo..iya Mbak Naqi, suaminya PNS juga kan ya? Rezekinya mbak Naqi di dunia kepenulisan kayaknya nih..

      Delete
  7. Semua tips insyaAllah udah pernah aku terapin. Kecuali yang kelima. Serem kayaknya....hehe. kudu bener-bener yakin sukses tes CPNS baru berani resign.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Iya mbak Rika. Saya juga serem ama tips yang ke-5 ini. Hasil obrolan ama temen yang memang resign sebelum tes CPNS. Kalau saya sih belum berani. Hehe

      Delete
  8. Sejak ada CAT ini, penerimaan PNS daerah gak lagi buat sy ilfeel hehehe .. Semoga tahun 2018 ini penerimaan murni nya 100% ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee, iya mbak. Salah satu yang buat saya mau daftar waktu itu karena ada sistem CAT yang online. Jadi merasa ada harapan lebih baik untuk kemurnian tesnya mbak Dwi. Aamiin. Semoga begitu juga untuk yang 2018 ini mbak.

      Delete
  9. Doakan semoga saya bisa menyusul jejak mas arif lulus pns. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..aamiin..aamiin. Sukses selalu ya. Alhamdulillah, setelah jadi PNS sekarang saya bisa lanjut S2 juga dengan beasiswa.

      Delete
  10. Blh share no kontak atau email mas? Makasih sharingnya ya, tips resign bagus mas biar kt tdk gambling dan merugikan perusahaan

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Tentunya akan ada yang berbeda pada Idul Fitri 2020 ini. Tahun ini menjadi tahun yang ditahbiskan penuh dengan perenungan: kehilangan, keikhlasan, kesabaran, dan juga menyisipkan pesan semangat untuk bangkit. Pandemi covid-19 yang mulanya hanya dianggap sebelah mata oleh banyak kalangan, kini menjadi bencana yang telah merengut ratusan ribu jiwa, termasuk di Indonesia.

Kasus corona yang pertama kali diumumkan di awal bulan Maret, kini sudah mencapai lebih dari 20.000 pasien positif dan tak kurang dari 1000 nyawa telah direnggut, termasuk diantaranya para petugas medis. Bencana yang tak kalah menyedihkan adalah mulai hilangnya kepercayaan antar elemen bangsa ini. Tagar #IndonesiaTerserah yang trending beberapa waktu terakhir ini menjadi salah satu pertandanya.

Betapa tidak, di saat sebagian masyarakat menahan diri berbulan lamanya untuk #StayAtHome, shalat Jumat dan Tarawih di rumah, tiba-tiba muncul berbagai gambar d…

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa
Nama Malang kini kian ngehits. Bukan hanya sebagai tujuan liburan, tapi banyak juga yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di salah satu kota di Jawa Timur. Nggak heran jika kini jadwal pesawat ke Malang terus bertambah. Peningkatan jumlah penerbangan juga membuka kesempatan besar perang harga, yang membuat tiket ke Malang menjadi lebih murah. Apapun tujuanmu, kurang pas rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh khas kota Malang yang punya banyak macam!
Malang Strudel Termasuk pioner oleh-oleh artis kekinian, camilan berbahan utama pastry ini dimiliki oleh Teuku Wisnu. Kue berlapis yang berasal dari Austria ini dimodifikasi sedemikia rupa sehingga citarasanya cocok untuk lidah orang Indonesia. Bukan hanya isian apel saja, kini kamu bisa memilih varian lainnya seperti pisang, nanas, cokelat, hingga stroberi. Kemasannya yang praktis dan modern pun nggak akan menyulitkanmu membawa strudel
Baca Juga: Menul…

Generasi Zaman Now, Ini Pesan Ketua MPR RI di Acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung"

Hai kids zaman now and zaman old! Apa sih yang biasa kamu lakukan di Minggu malam setiap pekannya? Pasti jawabannya beda-beda. Mungkin ada yang nonton tivi sambil istirahat setelah lelah seharian jalan-jalan, mungkin ada yang ngerjain PR yang belum selesai karena keasyikan nyantai saat week end, atau lagi main game Mobile Legend yang lagi ngetren itu? Hee.
Nah, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, Minggu malam kemarin (19/11/2017) adalah hari yang spesial untuk netizen Lampung. Apa pasal? Karena hari itu ada acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung" bertempat di Swiss-Belhotel pada pukul 18.00 - 21.00 WIB. Ada pesan penting loh yang disampaikan Bapak Ketua MPR RI kita buat generasi zaman now. Simak yuks ceritanya.
Acara ini didahului dengan registrasi peserta, yang digawangi mbak Novi yang unyu. "Ayo taro sini amplopnya, serasa kondangan deh..," ujarnya lucu menyambut kami. Setelah selesai registrasi, memilih tempat duduk yang di-setting round table, k…