Skip to main content

Apa Itu Aikido? Kenalan Yuk!

Apa itu Aikido

Apa Itu Aikido - Bela diri adalah seni tersendiri yang telah lama ada dan berkembang dari masa ke masa. Karena pada dasarnya, secara alami, manusia tentu memiliki insting untuk selalu melindungi diri dan hidupnya.

Kini, bela diri tetaplah menjadi bagian penting bagi perlindungan diri seseorang. Meski di sebagain kalangan, bela diri bermetamorfosis menjadi lifestyle untuk menjaga kondisi fisik selalu prima, juga menjadi bagian dari aktifitas olahraga profesional bagi para atlet.

Tentunya akan sangat banyak pilihan bagi kita untuk menekuni salah satu jenis bela diri yang kian digemari kalangan milenial. Nah, salah satunya adalah Aikido.

Apa Itu Aikido?
Aikido adalah seni bela diri yang mempunyai akar pertumbuhan dan budaya dari Jepang. Aikido merupakan manifestasi dari modernisasi pemikiran Jepang dengan selimut budaya tradisionalnya. 

Seni bela diri Aikido ini dikembangkan oleh Morihei Ueshiba (dikenal sebagai O Sensei) sekitar tahun 1800-an. Akar ilmu bela diri Aikido terutama berasal dari sebuah tradisi bela diri kuno yang turun temuru, yang hanya dimiliki oleh sebuah keluarga istana, yaitu "Daito Ryu Aiki-Jujutsu (atau ju-jutsu)"

Aikido di Indonesia
Sejarah perkembangan bela diri Aikido di Indonesia telah mulai berkembang sejak sekitar tahun 1970, bersamaan dengan kembalinya para putra Indonesia yang lulus sarjana dari Jepang yang disekolahkan pemerintah sebagai akibat pampasan perang Jepang.

Perkembangan Aikido dan bela diri lainnya dari Jepang sebenarnya tumbuh dalam kurun waktu yang kurang lebih sama. Tetapi seni bela diri Kempo, Karate, Jujitsu dan Judo menjadi lebih dahulu populer dibandingkan Aikido pada masa itu.

Dan pada kenyataannya seni bela diri Aikido baru mulai tumbuh sejak tahun 1990 di Indonesia.

Prinsip Teknik dalam Aikido
Setiap seni bela diri Jepang memiliki karakteristik teknik dan teoritisnya masing-masing. Aikido menekankan harmonisasi dan keselarasan antara energi  ki individu dengan ki alam semesta.

“Aikido” sendiri berasal dari 3 huruf kanji, yaitu :
- ai ~bergabung, menyatukan, menyelaraskan-
ki ~jiwa, energi kehidupan-
~alan, cara

Sebagian besar karakteristik Aikido adalah negasi. Seni bela diri ini juga menekankan pada prinsip kelembutan dan bagaimana untuk mengasihi serta membimbing lawan.

Prinsip ini diterapkan pada gerakan-gerakannya yang tidak menangkis serangan lawan atau melawan kekuatan dengan kekuatan tetapi "mengarahkan" serangan lawan untuk kemudian menaklukkan lawan tanpa ada niat untuk mencederai lawan.

Berbeda dengan bela diri pada umumnya yang lebih mengutamakan pada latihan kekuatan fisik dan stamina, Aikido lebih mendasarkan latihannya pada penguasaan diri dan kesempurnaan teknik. Teknik-teknik yang digunakan dalam Aikido kebanyakan berupa teknik elakan, kuncian, lemparan, dan bantingan.

Uniknya Teknik Aikido
Keunikan teknik Aikido adalah geraknya yang hampir tidak pernah mundur dalam mengatasi berbagai jenis serangan. Gerakannya cenderung melingkar dibandingkan lurus-lurus. 

Hakikat dari teknik dalam Aikido adalah sebuah lingkaran yang sempurna, tidak terputus ataupun terpatahkan. Gambaran esensi teknik Aikido seperti sebuah pusaran yang berbentuk spiral, dimulai dari sebuah lingkaran yang sangat besar dan kemudian mengecil, mengecil, mengecil, sehingga menjadi sebuah titik. 

Di dalam konsep gerak inilah kita akan banyak memahami secara nyata falsafah Aikido dalam artian sebenarnya.

Nah, sudah mulai mengenal kan apa itu Aikido? Jika tertarik, tentu bisa mendalami seni bela diri ini dengan mendatangi dojo (tempat latihan) Aikido terdekat. Tentunya badan bisa sehat, fisik prima juga bermanfaat untuk melindungi diri kita. 

Kontributor: M. Syatriadi

Comments

  1. Nice.. kontributornya jago itu

    ReplyDelete
  2. Wahh, iya, banyak keahlian dia itu

    ReplyDelete
  3. Di Bandar Lampung ada kok mas aikido. bersama KBAI (Keluarga Besar Aikido Indonesia) Lampung. saya juga ikutan. tapi lama puspone. mulai januari ini aktif lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Slamet. Itu yang jadi sumber tulisan temenku yang ikutan Aikido, yang ada di foto itu Mas..

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Idul Fitri di Masa Pandemi: Sebuah Catatan Menyambut Lebaran Tahun 2020

Tentunya akan ada yang berbeda pada Idul Fitri 2020 ini. Tahun ini menjadi tahun yang ditahbiskan penuh dengan perenungan: kehilangan, keikhlasan, kesabaran, dan juga menyisipkan pesan semangat untuk bangkit. Pandemi covid-19 yang mulanya hanya dianggap sebelah mata oleh banyak kalangan, kini menjadi bencana yang telah merengut ratusan ribu jiwa, termasuk di Indonesia.

Kasus corona yang pertama kali diumumkan di awal bulan Maret, kini sudah mencapai lebih dari 20.000 pasien positif dan tak kurang dari 1000 nyawa telah direnggut, termasuk diantaranya para petugas medis. Bencana yang tak kalah menyedihkan adalah mulai hilangnya kepercayaan antar elemen bangsa ini. Tagar #IndonesiaTerserah yang trending beberapa waktu terakhir ini menjadi salah satu pertandanya.

Betapa tidak, di saat sebagian masyarakat menahan diri berbulan lamanya untuk #StayAtHome, shalat Jumat dan Tarawih di rumah, tiba-tiba muncul berbagai gambar d…

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa

Puas Liburan di Malang, Oleh-Oleh Khasnya Jangan Lupa Dibawa
Nama Malang kini kian ngehits. Bukan hanya sebagai tujuan liburan, tapi banyak juga yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di salah satu kota di Jawa Timur. Nggak heran jika kini jadwal pesawat ke Malang terus bertambah. Peningkatan jumlah penerbangan juga membuka kesempatan besar perang harga, yang membuat tiket ke Malang menjadi lebih murah. Apapun tujuanmu, kurang pas rasanya jika pulang tanpa membawa oleh-oleh khas kota Malang yang punya banyak macam!
Malang Strudel Termasuk pioner oleh-oleh artis kekinian, camilan berbahan utama pastry ini dimiliki oleh Teuku Wisnu. Kue berlapis yang berasal dari Austria ini dimodifikasi sedemikia rupa sehingga citarasanya cocok untuk lidah orang Indonesia. Bukan hanya isian apel saja, kini kamu bisa memilih varian lainnya seperti pisang, nanas, cokelat, hingga stroberi. Kemasannya yang praktis dan modern pun nggak akan menyulitkanmu membawa strudel
Baca Juga: Menul…

Generasi Zaman Now, Ini Pesan Ketua MPR RI di Acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung"

Hai kids zaman now and zaman old! Apa sih yang biasa kamu lakukan di Minggu malam setiap pekannya? Pasti jawabannya beda-beda. Mungkin ada yang nonton tivi sambil istirahat setelah lelah seharian jalan-jalan, mungkin ada yang ngerjain PR yang belum selesai karena keasyikan nyantai saat week end, atau lagi main game Mobile Legend yang lagi ngetren itu? Hee.
Nah, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, Minggu malam kemarin (19/11/2017) adalah hari yang spesial untuk netizen Lampung. Apa pasal? Karena hari itu ada acara "Ngobrol Bareng MPR RI dengan Netizens Lampung" bertempat di Swiss-Belhotel pada pukul 18.00 - 21.00 WIB. Ada pesan penting loh yang disampaikan Bapak Ketua MPR RI kita buat generasi zaman now. Simak yuks ceritanya.
Acara ini didahului dengan registrasi peserta, yang digawangi mbak Novi yang unyu. "Ayo taro sini amplopnya, serasa kondangan deh..," ujarnya lucu menyambut kami. Setelah selesai registrasi, memilih tempat duduk yang di-setting round table, k…